Minggu, 05 Mei 2013

Tips Jitu Memenangkan Lomba Menulis

Siapa Orang Paling Misterius : Farras Salsabiila
Bonjour, all!

Siapa yang suka menulis angkat tangan! *IkutanAngkatTangan

Menulis kelihatan mudah tapi sebenarnya susah (bagi orang yang belum pernah mencoba). Menulis juga terasa susah bagi orang yang tidak punya banyak ide dan pengalaman.

Nah, tapi kali ini aku mau bagi-bagi tips untuk teman-teman yang ingin ikut lomba menulis.

Mau tahu? Ini dia!

1. Ikuti Ketentuan
Yang paling utama agar kita bisa memenangkan lomba menulis adalah mengikuti syarat dan ketentuan lomba menulis yang kita ikuti itu. Jika syaratnya bilang maksimal berumur 12 tahun sedangkan umur kita sudah 13 tahun kurang 1 bulan, lebih baik tidak usah ikut. Dan jika syarat halamannya 4-6 halaman, jangan kita tulis 3 setengah halaman atau 7 halaman. Intinya, kita harus mengikuti sedetail-detailnya ketentuan lomba menulis tersebut.

2. Buat Ide yang Menarik
Untuk memenangkan lomba menulis kita harus membuat ide yang menarik agar semua orang tertarik dengan cerita kita. Cerita menarik adalah cerita yang tidak akan membuat orang bosan walaupun sudah dibaca berkali-kali dan cerita itu tidak gampang ditebak alurnya. Nah, apakah teman-teman sudah punya ide menarik?

3. Sesuaikan dengan Tema
Tema dalam menulis sangatlah penting. Walaupun cerita kita menarik tapi tidak sesuai dengan tema, juga tidak ada gunanya. Usahakanlah cerita yang dibuat sesuai dan tidak melenceng dari tema yang sudah ditentukan.

4. Gunakan Kata-kata yang Unik dan Tidak Monoton
Tips lainnya dalam memenangkan lomba menulis adalah menggunakan kata-kata yang unik dan tidak monoton dalam tulisan kita. Kata-kata yang unik adalah kata-kata yang mudah dicerna, jelas dan penuh makna. Sedangkan kata-kata yang tidak monoton adalah kata-kata yang tidak diulang. Biasanya, kata-kata monoton akan membuat cerita menjadi tidak jelas, sulit dipahami dan alurnya berbolak-balik.

5. Siap-siap Kalah!
Pertama kali, aku ikut lomba menulis aku selalu kalah dan kalah. Tapi akhirnya, di lomba menulis yang lain aku bisa menang! Jadi, semuanya tidak ada yang instan. Ingat kata-kata ini "orang yang selalu berhasil tidaklah maju" nah, jadi jika kalian kalah jangan bersedih hati ya. Mungkin bukan cerita kalian yang tidak bagus tapi banyak orang yang ceritanya lebih bagus dari kalian atau memang belum waktunya kalian memenangkan lomba menulis.

Kalian punya tips kalian sendiri? Kalau ada, silahkan berbagi. Nah, semoga tips diatas bermanfaat ya teman-teman ^_^

0 Kripik dan Sambal:

Posting Komentar

 

Farras Salsabiila Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review