Sabtu, 11 Mei 2013

Kerugian Men-COPAS Karya Orang Lain

Siapa Orang Paling Misterius : Farras Salsabiila
Ada yang nggak tahu apa arti COPAS? COPAS adalah singkatan COPy PASte atau dengan kata lain COPAS adalah menjiplak hasil karya orang lain.

Selama gue nge-blog, gue belum pernah COPAS artikel orang lain, palingan gue cuma jadiin artikel orang lain sebagai referensi atau sumber ide. Kalaupun gue COPAS, gue minta izin dulu sama orangnya ntar orang yang hasil karyanya di COPAS nggak terima gimana? Lalu, dia nuntut gue ke pengadilan dan ceritanya jadi panjang. Tapi bagi kamu yang ngerasa pernah COPAS artikel orang lain dan nggak minta izin dulu sama si penulis artikel, ini adalah waktu yang tepat untuk kamu minta maaf ke orang itu.

Ya, maksud gue nulis artikel ini bukan buat nyindir siapapun tapi hanya mengingatkan kepada readers yang ingin bertaubat *eh. Maksud gue, mengingatkan kepada orang-orang bahwa COPAS itu adalah perbuatan yang nggak bener dan sekarang aja udah banyak Undang-Undang yang mengatur tentang menjiplak karya oraang lain yang sudah dipatenkan, hukumannya bisa sampai 2 tahun dipenjara! Wew!

Selain bisa masuk penjara dan dituntut oleh orang yang punya artikel, masih banyak kerugian COPAS lainnya. Bukan cuma COPAS tulisan saja, COPAS lukisan, lagu dll juga bisa dituntut. Nah, ini dia beberapa kerugian men-COPAS:

1. Dapat Dosa
Walaupun nggak ada tulisan "Dilarang Menjiplak Karya Orang lain!" dalam Al-Qur'an ataupun alkitab tapi gue yakin kalau kegiatan yang membuat orang lain kesal pasti mendapat dosa. "tapi kalau orangnya nggak kesel gimana, Farr?", "emang ada ya orang yang nggak kesal kalau karyanya dijiplak tanpa izin?" nggak ada kan? ._.

2. Nggak Bisa Daftar Google Adsense
Ini buat para blogger yang mendapatkan gaji dari Google Adsense. Bukannya Google Adsense menargetkan post yang sangat tinggi? yaitu 5 post/hari menurut gue post semacam itu banyak banget dan belum tentu dalam sehari gue bisa dapat 5 ide sekaligus. Nah, kalau kamu ketahuan men-COPAS artikel dari blogger lain (dilihat dari tanggal postingannya) Google Adsense nggak bakal nerima review kamu lagi. Intinya, kamu nggak bisa lagi dapatin dollar dari Google Adsense karena sudah nipu pihaknya.

3. Membuat Orang Lain Bete
Kamu pasti pernah "Search" di Google lalu menemukan beberapa blog berbeda yang artikelnya sama persis. Itu adalah akibat dari COPAS! Kalau kamu mau lihat siapa sebenarnya pembuat artikel yang asli, kamu tinggal lihat tanggal postingannya. Tanggal yang paling lama itulah pembuat artikel yang asli. Terkadang, artikel beginian (yang mirip semua dalam satu halaman) akan membuat orang lain bete dan malas mencari artikel dengan kata kunci yang sama untuk kedua kalinya. Nah, yang rugi siapa? Pembuat artikel aslinya paling rugi!

4. Si Pen-COPAS jadi nggak kreatif
Orang kreatif pasti selalu punya ide dan ia nggak mau jiplak-jiplak sembarangan karya orang. Dan dari sini nampak banget, orang yang pen-COPAS jadi nggak kreatif. Bukannya orang kreatif selalu berusaha menciptakan ide-ide baru, fresh dan unik dibanding orang lain? Jika kamu mau jadi orang kreatif, jangan sekali-kali men-COPAS walaupun itu hal sekecil apapun.

5. Orang Lain Sifat Kamu Gimana
Kalau ada orang lain tahu kalau kamu men-COPAS karya orang lain, mereka bisa langsung menebak bagaimana sifat kamu dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, orang yang men-COPAS bersifat: pemalas karena nggak pernah mau membuat karya kreatif, fleksibel karena cuma mau hal-hal yang gampang aja, tidak berfikir panjang karena terus men-COPAS dan nggak pernah memikirkan hal selanjutnya jika dia men-COPAS dll.


Apa kamu masih ada kerugian-kerugian lainnya? Kalau ada, silahkan komentar di buku tamu atau box comment.

Terima kasih sudah membaca.

0 Kripik dan Sambal:

Posting Komentar

 

Farras Salsabiila Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review