Jumat, 11 April 2014

Rekomendasi Fanfiction Korea (Part I)

Siapa Orang Paling Misterius : Farras Salsabiila 9 Kripik dan Sambal
annyeong ^^

seharusnya, rekomendasi ini aku tulis di WP Pribadi aku disini tapi entahlah kenapa aku jadi tulis di blog yang ini. Dari dulu, tangan aku udah gatel mau nulis rekomendasi fanfiction. Ini dia beberapa fanfiction yang udah aku baca sejak lama dan tetap nyantol dihati sampai sekarang:

1. Love Story of The Sleepaholic
Ini ff adalah ff pertama yang bikin aku nangis bombay #lebay. Tapi beneran, chap terakhirnya itu sedih banget. Bagi yang gasuka cerita yang sedih2, lebih baik jangan baca ff ini. Tapi, disini juga ada sentuhan genre comedy nya kok. Aku suka sama gaya penulisan author nya. Walaupun sebenarnya aku ga terlalu suka sama pairing cast nya Myungsoo-Naeun (hello! guehh MyungZy shipper._.) tapi karena disetiap chapter selalu bikin penasaran, jadi tanpa terasa aku menghabiskan (?) ff ini.
Jadi, ff ini bercerita tentang Naeun yang egois dan angkuh. Dia nggak dapet peran utama dalam teater dan malah yang dapat peran utama itu hoobaenya, Hayoung. Dia kesal dan akhirnya dia berusaha ngeracuni Hayoung tapi malah dia sendiri yang nggak sengaja ngeracuni diri sendiri. Naeun pun terkena kutukan dan katanya, kutukan itu bisa hilang kalau dia minta maaf ke Hayoung. Waktu dia pengen minta maaf, ehhhh Hayoung nya udah meninggal. Malang sekali nasibmu, Naeun eonnie. Bagi yang mau baca kelanjutannya, silahkan klik judul ff.

2. I am Your Maid
Ini adalah ff cast EXO Luhan yang pertama kali aku baca. Pairing nya Luhan-OC. Karakter Luhan disini ngegemesin banget dan rasanya gue mau nabok dia #langsungdibunuhfansLuhan. Author yang nulis ff ini termasuk author favorite aku di exofanfictionworld dan menurut aku, semua ff buatannya gaada yang ngecewain. ff ini bercerita tentang Luhan yang baru ditinggalin sama Tiffany karena Tiffany mau pergi keluar negeri demi kariernya (heol. Bukannya Tiffany pergi keluar negeri buat pacaran sama Nickhun? -__-) dan akhirnya eomma Luhan minta si OC buat jadi maid pribadi Luhan. OC adalah hoobae Luhan dikampus dan kayaknya dia suka sama Luhan deh soalnya Luhan terkenal dikampusnya. Sayangnya, Luhan selalu dingin dan kasar sama si OC.

3. My Wife Is Not My Girlfriend
ff yang satu ini 'agak' berbau yaoi. Ingat! agak ya. Sebenarnya, aku HunHan shipper tapi ya udahlah -__- Cast ffnya Sehun-OC. Ceritanya dimulai dari OC yang nggak sengaja ketemu lalu kesel sama Sehun terus dia ngelemparin high heels nya ke kepala Sehun. Sehun kesel, sedangkan OC langsung lari. Ternyata, Sehun adalah rekan kerja appanya OC dan Sehun memilih untuk tidak bekerja sama lagi dengan appa OC. Appanya OC marah dan akhirnya OC mohon2 ke Sehun biar mau kerja sama lagi dengan perusahaan appanya. Sehun setuju asalkan OC mau menjadi asisten pribadi Sehun. Nah, waktu jadi asisten pribadi Sehun inilah banyak kejadian yang seru. Kalau mau baca ceritanya lebih lengkap, aku sarankan kalian langsung ke WP pribadi nya si author. Aku lebih sering baca+koment disana.

4. Beautiful Stranger
Cast nya adalah Onew-OC. Sebelum aku baca fanfic ini, jujur aku ga terlalu suka sama Shinee Onew. Tapi semenjak baca ff nya, aku malah jatuh cinta sama Onew #PLAK. ff ini bahasanya bagus banget dan quotes didalamnya selalu menyentuh. Bercerita tentang OC yang adalah seorang desainer diluar negeri dan nggak berapa lama ia kembali lagi ke Korea. Disana ia direkrut sama SM tapi sayangnya ia cuma jadi stylist, bukannya desainer. Terus, dia gak sengaja ketemu Onew yang menganggapnya sebagai sasaeng fans dan Onew benci banget sama dia. Ceritanya hampir bikin gue nangis dan konfliknya sangat tidak biasa. Pokoknya, ff ini recommended banget bagi yang suka sama Shinee apalagi biasnya Onew.

5. Paparazzi
Lagi-lagi dengan pairing Baekhyun-OC. Yeah, actually, i love fanfic with main cast OC. Genre nya romance, school life. Baekhyun bener2 nyebelin disini. Ceritanya tentang Baekhyun yang merupakan idol dan namja populer disekolah. Terus, ada yeoja yang nggak terkenal disekolah Baekhyun yang merupakan paparazzi nya Baekhyun. Suatu hari, yeoja itu ketahuan oleh Baekhyun dan Baekhyun berusaha mau ngerjain yeoja itu. Dia secara nggak langsung nyebarin kalau yeoja itu adalah yeojachingunya disekolah. Jadi, yeoja ini tersiksa karena semua orang jadi membencinya. Tapi, akhirnya Baekhyun kasihan dan merasa bersalah sama si yeoja. Untuk kelanjutannya, silahkan baca sendiri yaaa.

6. Chocolate In Love
this fanfic totally different from others fanfics. Castnya Kyuhyun-OC. Ini adalah salah satu ff dengan konflik terbaik yang pernah aku baca. Sebenarnya, ide awalnya sederhana. Kyuhyun seorang idol dan gak sengaja ketemu sama OC. Karena kejadian yang tak disengaja, OC diminta oleh SM buat jadi pacar pura2 Kyu. Pokoknya seru banget deh. Yang suka sama Kyuhyun nggak mungkin nggak tahu ff ini, hehe.

7. Legendary Sweepstakes
Cast nya Kris-OC. Yap, lagi-lagi OC lol. Bahasanya khas banget dan ending nya ga disangka-sangka. Bahkan, hampir bikin nangis endingnya. Ceritanya tentang OC yang taruhan sama sunbaenya. Dia disuruh nembak Kris yang notabene adalah namja populer disekolah dan nggak pernah nerima yeoja yang suka sama dia. Anehnya, Kris nerima si OC dan dia bertingkah seolah-olah mereka beneran pacaran padahal OC pikir Kris nggak bener2 nerima dia.

8. I Hate Boyband!
Kali ini cast nya bukan OC, melainkan MyungZy. Awal ceritanya adalah dari Suzy yang nggak sengaja ngerusakin motor oppanya. Oppanya marah besar dan ia pun diminta ganti rugi. Suzy bingung karena ia nggak punya uang sebanyak itu. Akhirnya, dia ditawari kerja oleh manajer The Boys, boyband terkenal yang anggotanya Myungsoo, Kris, Sehun, dan Minho. Ceritanya seru. Very recommended for MyungZy shipper like me.

9. Miracle Romance
Jangan bosan dengan cast nya: Taemin-OC. Genre nya fantasy. Awalnya, OC dijodohkan sama Taemin teman satu sekolahnya yang sebenarnya ia nggak terlalu suka. OC sukanya sama Minho. Sampai akhirnya, Taemin dikutuk sama pamannya OC jadi perempuan. Previous chapter silahkan cari sendiri ya di library SF3SI

10. I'm Not Him
Kibum dan Key adalah orang yang berbeda, tapi mereka kembar. Sebenarnya, Key sudah meninggal dan Kibum disuruh untuk mengganti posisi Key. Gimana nasib Kibum yang disuruh gantiin posisi Key padahal sifat mereka berbeda? silahkan baca sendiri. Untuk previous chapter cari aja di library SF3SI.


11. Half Married
Lagi-lagi dengan cast Minho-OC. Genrenya married life, genre yang paling aku sukai hehe. OC disini penyabar banget. Sebenarnya, Minho kayanya ga suka sama OC dan malah suka sama yeoja lain. Sementara OC kayaknya suka2 aja sama Minho. Minho gak pernah nganggep si OC dan akhirnya OC marah. Previous chapter cari aja ya di library. Mudah kok nyarinya :D

12. Married Idol
Author nya adalah author yang sama dengan ff Chocolate In Love. Yaaap, author ff ini adalah author favorite aku tapi sayangnya dia kayaknya sudah gak aktif lagi di dunia per-fanfiction. Sayang banget, huhuhuu #SambilNgirisBawangPutih :'( Cast nya Onew-OC dengan genre married life. Yuhuuu! ceritanya dibuka dengan OC yang tergila-gila sama Shinee, terutama Taemin. Sayangnya, Taemin lebih muda dari dia karena dia seumuran dengan Onew (emang jodoh kali ya?). Rupanya, orangtua OC sama orangtua Onew adalah teman baik dan mereka berusaha jodohin anak mereka ini. Si OC kaget+seneng waktu tau yang mau dijodohin sama dia adalah Shinee Onew. Awalnya, dia nolak perjodohan itu tapi waktu tau Onew yang dijodohin sama dia, dia nerima. Ya, meskipun Onew bukan biasnya di Shinee. Onew digambarkan sebagai namja yang periang, tidak mau menyakiti hati orang lain, dan sering memendam perasaannya. Walaupun dia nggak suka sama OC, dia mau nerima perjodohan dan berpura-pura bertingkah seperti menyukai OC. Pada akhirnya, OC sadar kalau Onew berbohong dan dia minta cerai. Jadi, mereka beneran cerai. Gue sempet speechless waktu mereka cerai. Apakah ini adalah akhir dari segalanya? -___-v

Cukup sekian rekomendasi fanfiction dari aku. Sebenarnya, banyak banget ff bagus yang sudah aku baca. Terutama ff di asianfanfics. Beeeh, ff disitu bagus2. Sayangnya, ff nya pake bahasa inggris. Kalau baca ff berbahasa inggris itu mood-mood an. Kalau lagi mood, mau aja sih bacanya hehe. Masih ada sih ff yang mau aku rekomendasiin tapi nanti kebanyakan dan waktu aku pun habis cuma buat ngetik ini. Jadi, di part 2 aja ya :D

Oya, visit juga ya WP aku: deliciouslollipop Gomawo! *bow*

Rahasia Sukses Orang Jepang

Siapa Orang Paling Misterius : Farras Salsabiila 0 Kripik dan Sambal
Jepang dikenal sebagai bangsa yang maju meskipun sebenarnya mereka mempunyai kekayaan alam yang jauh lebih sedikit daripada Indonesia. Indonesia mempunyai banyak tenaga kerja, kesempatan kerja, dan kekayaan alam yang tidak sedikit. Mungkin, artikel yang saya ambil dari buku yang dikarang Bunda Lucy ini dapat membantu kita sebagai Warga Negara Indonesia.


1. Kerja Keras

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bangsa Jepang adalah pekerja keras. Rata-rata jam kerja pegawai di Jepang adalah 2450 jam/tahun, sangat tinggi dibandingkan dengan Amerika (1957 jam/tahun), Inggris (1911 jam/tahun), Jerman (1870 jam/tahun), dan Perancis (1680 jam/tahun).

Seorang pegawai di Jepang bisa menghasilkan sebuah mobil dalam 9 hari, sedangkan pegawai di negara lain memerlukan 47 hari untuk membuat mobil yang bernilai sama.

Seorang pekerja Jepang boleh dikatakan bisa melakukan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh 5-6 orang. Pulang cepat adalah sesuatu yang boleh dikatakan “agak memalukan” di Jepang, dan menandakan bahwa pegawai tersebut termasuk “yang tidak dibutuhkan” oleh perusahaan.


2. Malu
Malu adalah budaya leluhur dan turun temurun bangsa Jepang. Harakiri (bunuh diri dengan menusukkan pisau ke perut) menjadi ritual sejak era samurai, yaitu ketika mereka kalah dan pertempuran.

Masuk ke dunia modern, wacananya sedikit berubah ke fenomena “mengundurkan diri” bagi para pejabat (mentri, politikus, dsb) yang terlibat masalah korupsi atau merasa gagal menjalankan tugasnya.

Efek negatifnya mungkin adalah anak-anak SD, SMP yang kadang bunuh diri, karena nilainya jelek atau tidak naik kelas.

Karena malu jugalah, orang Jepang lebih senang memilih jalan memutar daripada mengganggu pengemudi di belakangnya dengan memotong jalur di tengah jalan. Mereka malu terhadap lingkungannya apabila mereka melanggar peraturan ataupun norma yang sudah menjadi kesepakatan umum.


3. Hidup Hemat
Orang Jepang memiliki semangat hidup hemat dalam keseharian. Sikap anti konsumerisme berlebihan ini nampak dalam berbagai bidang kehidupan.

Di masa awal mulai kehidupan di Jepang, mungkin kita sedikit heran dengan banyaknya orang Jepang ramai belanja di supermarket pada sekitar jam 19:30.

Selidik punya selidik, ternyata sudah menjadi hal yang biasa bahwa supermarket di Jepang akan memotong harga sampai separuhnya pada waktu sekitar setengah jam sebelum tutup. Seperti diketahui bahwa Supermarket di Jepang rata-rata tutup pada pukul 20:00.


4. Loyalitas
Loyalitas membuat sistem karir di sebuah perusahaan berjalan dan tertata dengan rapi. Sedikit berbeda dengan sistem di Amerika dan Eropa, sangat jarang orang Jepang yang berpindah-pindah pekerjaan.

Mereka biasanya bertahan di satu atau dua perusahaan sampai pensiun. Ini mungkin implikasi dari Industri di Jepang yang kebanyakan hanya mau menerima fresh graduate, yang kemudian mereka latih dan didik sendiri sesuai dengan bidang garapan (core business) perusahaan.


5. Inovasi
Jepang bukan bangsa penemu, tapi orang Jepang mempunyai kelebihan dalam meracik temuan orang dan kemudian memasarkannya dalam bentuk yang diminati oleh masyarakat.
Menarik membaca kisah Akio Morita yang mengembangkan Sony Walkman yang melegenda itu. Cassete Tape tidak ditemukan oleh Sony, patennya dimiliki oleh perusahaan Phillip Electronics.

Tapi yang berhasil mengembangkan dan membundling model portable sebagai sebuah produk yang booming selama puluhan tahun adalah Akio Morita, founder dan CEO Sony pada masa itu.

Sampai tahun 1995, tercatat lebih dari 300 model walkman lahir dan jumlah total produksi mencapai 150 juta produk.

Teknik perakitan kendaraan roda empat juga bukan diciptakan orang Jepang, patennya dimiliki orang Amerika. Tapi ternyata Jepang dengan inovasinya bisa mengembangkan industri perakitan kendaraan yang lebih cepat dan murah.


6. Pantang Menyerah

Sejarah membuktikan bahwa Jepang termasuk bangsa yang tahan banting dan pantang menyerah. Puluhan tahun dibawah kekaisaran Tokugawa yang menutup semua akses ke luar negeri, Jepang sangat tertinggal dalam teknologi.

Ketika restorasi Meiji (meiji ishin) datang, bangsa Jepang cepat beradaptasi dan menjadi fast-learner. Kemiskinan sumber daya alam juga tidak membuat Jepang menyerah.

Tidak hanya menjadi pengimpor minyak bumi, batubara, biji besi dan kayu, bahkan 85% sumber energi Jepang berasal dari negara lain termasuk Indonesia . Kabarnya kalau Indonesia menghentikan pasokan minyak bumi, maka 30% wilayah Jepang akan gelap gulita.

Rentetan bencana terjadi di tahun 1945, dimulai dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki , disusul dengan kalah perangnya Jepang, dan ditambah dengan adanya gempa bumi besar di Tokyo, ternyata Jepang tidak habis.

Dalam beberapa tahun berikutnya Jepang sudah berhasil membangun industri otomotif dan bahkan juga kereta cepat (shinkansen).

Mungkin cukup menakjubkan bagaimana Matsushita Konosuke yang usahanya hancur dan hampir tersingkir dari bisnis peralatan elektronik di tahun 1945 masih mampu merangkak, mulai dari nol untuk membangun industri sehingga menjadi kerajaan bisnis di era berikutnya.
Akio Morita juga awalnya menjadi tertawaan orang ketika menawarkan produk Cassete Tapenya yang mungil ke berbagai negara lain. Tapi akhirnya melegenda dengan Sony Walkman-nya.

Yang juga cukup unik bahwa ilmu dan teori dimana orang harus belajar dari kegagalan ini mulai diformulasikan di Jepang dengan nama shippaigaku (ilmu kegagalan).


7. Budaya Baca

Jangan kaget kalau Anda datang ke Jepang dan masuk ke densha (kereta listrik), sebagian besar penumpangnya baik anak-anak maupun dewasa sedang membaca buku atau koran.
Tidak peduli duduk atau berdiri, banyak yang memanfaatkan waktu di densha untuk membaca. Banyak penerbit yang mulai membuat man-ga (komik bergambar) untuk materi-materi kurikulum sekolah baik SD, SMP maupun SMA.

Pelajaran Sejarah, Biologi, Bahasa, dsb disajikan dengan menarik yang membuat minat baca masyarakat semakin tinggi. Budaya baca orang Jepang juga didukung oleh kecepatan dalam proses penerjemahan buku-buku asing (bahasa inggris, perancis, jerman, dsb).

Konon kabarnya legenda penerjemahan buku-buku asing sudah dimulai pada tahun 1684, seiring dibangunnya institute penerjemahan dan terus berkembang sampai jaman modern. Biasanya terjemahan buku bahasa Jepang sudah tersedia dalam beberapa minggu sejak buku asingnya diterbitkan.


8. Kerjasama Kelompok

Budaya di Jepang tidak terlalu mengakomodasi kerja-kerja yang terlalu bersifat individualistik. Termasuk klaim hasil pekerjaan, biasanya ditujukan untuk tim atau kelompok tersebut.

Fenomena ini tidak hanya di dunia kerja, kondisi kampus dengan lab penelitiannya juga seperti itu, mengerjakan tugas mata kuliah biasanya juga dalam bentuk kelompok.

Kerja dalam kelompok mungkin salah satu kekuatan terbesar orang Jepang. Ada anekdot bahwa “1 orang professor Jepang akan kalah dengan satu orang professor Amerika, namun 10 orang professor Amerika tidak akan bisa mengalahkan 10 orang professor Jepang yang berkelompok”.

Musyawarah mufakat atau sering disebut dengan “rin-gi” adalah ritual dalam kelompok. Keputusan strategis harus dibicarakan dalam “rin-gi”.


9. Mandiri

Sejak usia dini anak-anak dilatih untuk mandiri. Bahkan seorang anak TK sudah harus membawa 3 tas besar berisi pakaian ganti, bento (bungkusan makan siang), sepatu ganti, buku-buku, handuk dan sebotol besar minuman yang menggantung di lehernya.

Di Yochien setiap anak dilatih untuk membawa perlengkapan sendiri, dan bertanggung jawab terhadap barang miliknya sendiri. Lepas SMA dan masuk bangku kuliah hampir sebagian besar tidak meminta biaya kepada orang tua.

Biasanya mereka mengandalkan kerja part time untuk biaya sekolah dan kehidupan sehari-hari. Kalaupun kehabisan uang, mereka “meminjam” uang ke orang tua yang nantinya akan mereka kembalikan di bulan berikutnya.


10. Jaga Tradisi & Menghormati Orang Tua

Perkembangan teknologi dan ekonomi, tidak membuat bangsa Jepang kehilangan tradisi dan budayanya. Budaya perempuan yang sudah menikah untuk tidak bekerja masih ada dan hidup sampai saat ini.

Budaya minta maaf masih menjadi reflek orang Jepang. Kalau suatu hari Anda naik sepeda di Jepang dan menabrak pejalan kaki, maka jangan kaget kalau yang kita tabrak malah yang minta maaf duluan.

Sampai saat ini orang Jepang relatif menghindari berkata “tidak” apabila mendapat tawaran dari orang lain. Jadi kita harus hati-hati dalam pergaulan dengan orang Jepang karena “hai” belum tentu “ya” bagi orang Jepang.

Pertanian merupakan tradisi leluhur dan aset penting di Jepang. Persaingan keras karena masuknya beras Thailand dan Amerika yang murah, tidak menyurutkan langkah pemerintah Jepang untuk melindungi para petaninya.

Kabarnya tanah yang dijadikan lahan pertanian mendapatkan pengurangan pajak yang signifikan, termasuk beberapa insentif lain untuk orang-orang yang masih bertahan di dunia pertanian. Pertanian Jepang merupakan salah satu yang tertinggi di dunia.
 
 
Semoga artikel diatas dapat membantu. Jika ingin share, take with full credit:
Bunda Lucy

Selasa, 08 April 2014

Laporan Seni Rupa Murni di Daerah Jambi

Siapa Orang Paling Misterius : Farras Salsabiila 2 Kripik dan Sambal
Ini adalah laporan buatan aku untuk tugas seni budaya disekolah. Semoga laporan ini bermanfaat, ya. Atau bisa juga jadi referensi kalian yang lagi buat laporan seni budaya dengan tema yang sama.



Seni Rupa Murni
didaerah Jambi
Oleh: Farras Salsabiila
Kelas: IX I/Aksel





http://static2.bareka.com/photos/small/32885932.jpg


http://3.bp.blogspot.com/_JudCEWNGekE/SMtTmluzJcI/AAAAAAAAAC0/IvUVBpD6M9M/s400/11082008%28001%29.jpg

 





Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Pertama-tama puji syukur saya panjatkan atas kehadirat Allah SWT karena atas izinNya-lah saya dapat menyelesaikan laporan yang berjudul “Seni Rupa Murni di Daerah Jambi” ini.
Dan yang kedua terima kasih yang sebesar-besarnya saya peruntukkan untuk kedua orangtua saya yang sudah mendidik dan membesarkan sejak saya lahir hingga sekarang.  Tak lupa pula saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua guru-guru dan teman-teman saya yang sudah banyak memberikan inspirasi untuk menulis laporan ini.
Laporan ini dibuat dengan berbagai tujuan seperti menyelesaikan tugas seni budaya sekaligus menambah wawasan mengenai bagaimana seni rupa murni di daerah Jambi. Sudah sepatutnya sebagai warga Jambi kita harus mengetahui seni yang terdapat di daerah sendiri.
Sejujurnya saya tak tahu banyak tentang seni rupa murni yang ada di daerah Jambi tapi berkat bantuan beberapa sumber yang saya temukan, saya jadi mengetahui beberapa seni rupa murni yang terdapat di Jambi.
Tak lepas dari kodrat manusia, beribu-ribu maaf saya ucapkan karena saya tahu dalam laporan ini masih banyak kekurangan yang sebenarnya tak dapat saya sadari tapi dapat saya rasakan.
Sekian kata pengantar dari saya. Maaf jika ada kata-kata yang tak berkenan didalam hati. Dan yang terakhir tapi bukan yang paling terakhir saya berharap bagi siapapun yang membaca laporan ini kelak akan bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Daftar Isi

Halaman Judul.................................................................      1
Kata Pengantar.............................................................. ..     2
Daftar Isi..........................................................................      3

Bab 1   Pendahuluan ....................................................    
A. Latar Belakang ....................................................      4
B. Tujuan .................................................................      5

Ba  2  ISI..............................................................................     
1Batik Jambi .................................................................      6
2. Tugu Jambi .................................................................       10         

Bab 3 Penutup................................................................     
               A.  Kesimpulan ........................................................      12


Bab 1
Pendahuluan

A.    Latar Belakang
Banyak orang yang mengakui bahwa dirinya adalah orang asli dari Jambi atau orang yang mengakui dirinya sudah tinggal menetap di Jambi dalam waktu yang cukup lama. Tapi hanya sedikit orang yang benar-benar membuktikan ucapannya karena dari beberapa orang Jambi ataupun orang yang sudah lama tinggal menetap di Jambi yang saya tanyai mereka tidak mengetahui tentang seni yang terdapat di daerah Jambi.

Harusnya jika seseorang sudah lama tinggal di suatu daerah apalagi ia adalah orang asli dari daerah tersebut, ia akan mengetahui seni apa saja yang terdapat didaerah tersebut. Mungkin ini semua adalah dampak dari teknologi yang sudah melaju begitu pesat sehingga banyak orang yang seperti tak mempedulikan lagi seni yang terdapat didaerah tempat tinggalnya.

Nah, dalam laporan ini saya ingin membagi wawasan yang saya punya dalam seni. Kali ini dikhususkan pada seni rupa murni. Seni rupa murni tak lain adalah seni yang lebih mementingkan segi keindahan daripada segi fungsi.

Seni rupa murni yang akan saya bahas adalah contoh seni rupa murni yang terdapat didaerah Jambi. Seni rupa murni yang terdapat di daerah Jambi yang akan saya bahas adalah sesuatu yang tak asing lagi bagi warga Jambi. Saya memang sengaja mengambil beberapa contoh seni rupa yang tak asing lagi agar membahasnya lebih enak dan pembaca pun dapat memahami apa yang saya bahas. Seni rupa murni yang akan saya bahas ini tak lain merupakan salah satu ciri khas negeri Jambi.

B.     Tujuan
Tujuan dari laporan ini tak lain adalah:
1.     Menambah wawasan tentang seni rupa murni, khususnya yang terdapat didaerah Jambi
2.     Mengetahui pengertian seni rupa murni yang sebenarnya
3.     Memberitahu seni rupa murni apa saja yang terdapat didaerah Jambi

















Bab 2
Isi

Jambi termasuk kota yang kaya akan seni rupa murni. Dua diantaranya akan dijelaskan dalam pembahasan berikut:
1.     Batik Jambi
Sejarah Batik Jambi 

batik Jambi.jpg
Ditinjau dari segi geografi dan sejarah, Jambi merupakan daerah yang strategis dan merupakan jarak yang terpendek dalam hubungan dengan tiongkok dan Selat Malaka. Dari berita-berita yang ditulis oleh pedagang dan musyafir cina, seperti It Ching tahun 671 yang mengadakan perjalanan dari Kanton menuju ke Melayu dengan menumpang kapal Sriwijaya.kesimpulany pada periode melayu kuno dan Sriwijaya masyarakat yang berdiam di wilayah Jambi telah berhubungan aktif dengan bebagai bangsa. Hasil hubungan ini tentu akan menghasilkan pengaruh pula dalam bidang kebudayaan, termasuk ragam hias batik.
Di Cina pada zaman Dinasti Tang, Bangkok dan Turkestan Timur telah ditemukan desain batik yang pada umumnya bermotif geometris serta adanya batik India Selatan yang dipasarkan di Malaya pada abad 17 s.d 19 M, telah turut memberikan pengaruh pada ragam hias batik Jambi karen pengaruh kebudayaan tersebut.

Tidak dapat ditentukan sejak kapan pastinya batik jambi ditemukan, yang jelas batik jambi pada masa kerajaan melayu telah membatik dengan motif khas fauna dan flora untuk keperluan keluarga dan lingkungan kerajaan. jambi juga menjadi pisat pertukatran barang dagangan dari sluruh nusantara, di samping menjalin dagang dengan indramayu, cirebon, lasem, tuban, madura dan lain-lain di kota jawa, sudah sejak lama mennjalin hubungan dagang dengan arab, cina, India, eropa dan negeri asia tenggara melaluia pedagangan mereka. Hubungan dagang ini turut mempengaruhi ornament2 batik jambi dan pengaruh kebudayaan arab terlihat pada ragam hias kaligrafi serta pengaruh cina lebih banyak pada bagian rumpal atau pinggiran kain.

Ragam hias batik jambi ditentukan factor estetika dan filosofis yang digali dan diperkaya dari muatan local yang berupa keadaan geografis, kebudayaan, kepercayaan dan hasil seni juga kerajinan.

Secara umum ragam hias batik jambi merupakan satu kesatuan dari elemen-elemen yang terdiri atas titik, garis, bentuk warna dan tekstur. Kesatuan elemen tersebut, mewujudkan keindahan melalaui pengulanagan, pusat perhatian, keseimbangan dan kekontrasan yang emmiliki bobot kultur setempat, opini dan nilai-nilai filosofis.

Perkembangan Batik Jambi

Produksi batik Jambi dan perdagangannya secara terbatas sudah dimulai sejak masa Kesultanan. Dimana Di masa ini batik Jambi merupakan hasil karya seni yang tidak dapat dimiliki oleh sembarang orang. Batik Jambi di konsumsi hanya oleh masyarakat yang mempunyai tingkat kehidupan sosial yang tinggi, misalnya kerabat kerajaan atau kaum bangsawan. Dengan berakhirnya masa kesultanan Jambi, kebutuhan akan batik Jambi menurun secara drastis, sehingga jarang ditemukan ada pengrajin batik Jambi. kalaupun ada,  pengrajin itu sudah tua.

Pada zaman penjajahan Belanda, berita tentang batik Jambi marak kembali dengan munculnya berbagai artikel yang ditulis oleh penulis berkebangsaan Belanda. Salah satunya adalah B.M. Gosligs yang dalam artikelnya  mengatakan bahwa atas persetujuan Prof. Vam Eerde dia meminta residen Jambi Tuan H.E.K. Ezermenn untuk meneliti batik Jambi. Sekitar bulan oktober 1928 datang tanggapan dari Ezernann, bahwa di dusun Tengah pada waktu itu memang sesungguhnya ada pengrajin batik dan menghasilkan karya-karya seni batik yang Indah. (B.M Goslings halaman 1411)

Dari keterangan di atas, sejak zaman Kesultanan, zaman Belanda, zaman Kemerdekaan di Jambi memang terdapat seni batik, walaupun produksi dan pemakaiannya masih terbatas. Setelah zaman orde baru terutama sejak tahun 80-an hingga sekarang, perkembangan batik Jambi sangat pesat sekali. Pembinaan terhadap sanggar2 batik, dilakukan secara intensif dan massal. Pemakaian batik Jambi tidak lagi terbatas pada kalangan-kalangan tertentu tetapi sudah memiliki kebebasan. Batik Jambi menjadi milik masyarakat dan kebanggaan bangsa Indonesia dan dikenal bukan hanya di Indonesia tetapi sampai ke manca Negara. Ibu Lily Abdoerahman Sayoeti selaku Pembina Kesenian dan Pembina Dharma Wanita Provinsi Jambi pada waktu itu, tak henti-hentinya melaksanakan pembinaan di bidang produksi, permodalan dan pemasaran serta promosi untuk mengangkat citra batik Jambi.

Nama-nama Motif Batik Jambi
Motif batik Jambi sebagian besar diambil dari bentuk flora dan fauna, sebagai mana motif batik yang terdapat di Indonesia pada umumnya. Namun dilihat dari bentuk motif corak dan pewarnaannya, batik Jambi memiliki perbedaan sidnifikan dibandingkan dengan batik yang ada di daerah lain.

Keunikan seni batik Jambi terletak pada kesederhanaan bentuk motif dan pewarnaan yang khas, yaitu bentuk motif yang tidak berangkai (ceplok2) dan berdiri sendiri-sendiri.
Pemberian nama pada motif batik Jambi, diberikan pada setiap satu bentuk motif, seperti motif bunga melati, motif bungo tanjung, motif riang-riang dan sebagainya. Jadi bukan diberikan pada suatu rangkaian bentuk dari berbagai unsur atau elemen yang telah di desain sedemikian rupa yang telah menjadi satu kesatuan yang utuh kemudian baru diberi nama. 

Walaupun nama motif diberikan pada setiap bentuk motif yang hanya terdiri dari satu bentuk (ceplok), namun dalam penerapannya tentu saja tidak monoton terdiri dari satu bentuk motif saja. Dalam sebidang kain biasanya diterapkan beberapa bentuk motif pokok, dan di isi atau di dampingi dengan bentuk motif  lainnya. Motif2 isian itu adalah motif tabor titik, motif tabor bengkok, motif belah ketupat dan bentuk motif-motif isian lainnya. Hal ini dapat dilihat pada motif “Kasih Bunda” karya Mahkamah. Motif batik ini di desain dari beberapa unsur antara lain, tulisan Incung, motif paruh enggang dan unsur-unsur motif lain yang menjadi satu kesatuan bentuk yang harmonis.
Adapun motif batik Jambi yang hingga saat ini masih bisa dirangkum adalah sebagai berikut :
1.    Motif wayang Gengseng
2.    Motif bungo Durian
3.    Motif Keris
4.    Motif pucuk Rebung
5.    Motif tabor titik
6.    Motif Potong Intan
7.    Motif tabor bengkok
8.    Motif Siput
9.    Motif Kepiting
10. Motif Ikan
11. Motif Bungo Tanjung
12. Motif Jangkar
13. Motif Daun Kangkung  
14. Motif Riang-riang
15. Motif Bungo Matahari         
16. Motif Kaca Piring                            
17. Motif Kepak Lepas                         
18. Motif Taritang   
19. Motif Bungo Pauh  
20. Motif Bungo Melati              
21. Motif Bungo Jatuh                                                         
22. Motif Kapal Sanggat      
23. Motif Tagapo                                       
24. Motif Antalas
25. Motif Keluk Paku
26. Motif Keladi Durian Pecah
27. Motif Biji Timun
28. Motif Ancak                  
29. Motig Bungo Cengkeh
30. Motif Merak ngeram             
31. Motif Ayam Lepas
32. Motif Galo-galo                    
33. Motif Bungo Bintang
34. Motif Bungo Lumut              
35. Motif tampuk Manggis
36. Motif Bungo Rambat            
37. Motif Patola
38. Motif Kuao berhias              
39. Motif Kaligrafi

Rangkuman nama-nama motif ini diperoleh dari data koleksi batik Museum Negeri Jambi  pada tahun 1994/1995.
Pertumbuhan dan perkembangan batik Jambi pada masa sekarang memberi dampak yang sangat baik bagi penambahan perbendaharaan motif batik Jambi. Diantara penambahan perbendaharaan motif Jambi sebagai ciptaan masa kini oleh para designer motif batik Jambi adalah sebagai berikut :

            1. Motif angso duo                       7. Motif incung
            2. Motif keris siginjai                    8. Motif cendawan
            3. Motif kerang                            9. Motif bungo kopi
            4. Motif sungai batanghari          10.Motif sapit udang
            5.Motif Daun keladi                     11.Motif Anggur
            6.Motif kajang lako 

2.     Tugu / Monumen di Kota Jambi
http://4.bp.blogspot.com/_JudCEWNGekE/SMtNQ3TnXbI/AAAAAAAAACc/a9yVE_rkUgU/s400/tuguseldatang.jpgTugu/Monumen di Kota Jambi
Tugu Selamat Datang, berada di Kelurahan The Hok Kecamatan Jambi Selatan dekat Bandara Sultan Taha, merupakan simbol atau ucapan Selamat Datang menyambut kedatangan tamu yang disimbolkan oleh patung penari dalam posisi menari "sekapur sirih". Hal ini mencerminkan bahwa masyarakat Jambi menerima dengan tangan terbuka siapa saja yang ingin berkunjung ke Jambi.
Tugu Selamat Datang berdampingan dengan Tugu Adipura, Adipura merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada Kabupaten/Kotamadya/Kota yang bersih lingkungannya. Kota Jambi telah beberapakali menerima Adipura beberapa tahun sebelumnya.
http://4.bp.blogspot.com/_JudCEWNGekE/SMtRJXXd-oI/AAAAAAAAACk/g39Ov-QpPVU/s400/tugujuang.jpgTugu Juang, terletak di persimpangan Sipin Ujung, sesuai dengan namanya Tugu Juang dibuat untuk mengenang perjuangan masyarakat Jambi dalam menghadapi penjajah, dimana berdiri Patung Pejuang yang bersenjatakan bambu runcing yang merupakan senjata tradisional yang digunakan pejuang kita dalam perjuangannya untuk membela tanah air tercintanya ini.
http://1.bp.blogspot.com/_JudCEWNGekE/SMtSlFSXJhI/AAAAAAAAACs/kw_aySvtNNQ/s400/simptuguktbr.jpgTugu Kota Baru, terletak di persimpangan Komplek Perkantoran Pemda TK II Kota Jambi. Tugu Kota baru merupakan merupakan Monas nya Kota Jambi.

http://3.bp.blogspot.com/_JudCEWNGekE/SMtTmluzJcI/AAAAAAAAAC0/IvUVBpD6M9M/s400/11082008%28001%29.jpgTugu Sekapur Sirih, terletak di persimpangan dekat Jembatan Makalam. Tugu ini dibangun untuk mencerminkan masyarakat Jambi yang ramah dan beradat (menjunjung tinggi adat dan norma2 masyarakat)





















Bab 3
Penutup

A.    Kesimpulan
Sangat banyak seni rupa murni yang terdapat didaerah Jambi. Dua diantaranya adalah batik Jambi dan bermacam-macam tugu yang tersebar di beberapa kecamatan didaerah Jambi. Batik Jambi mempunyai banyak motif yang tak bisa disebutkan satu persatu tapi sejauh ini motif yang paling banyak dipakai adalah motif angso duo dan motif keris siginjai. Sementara tugu-tugu yang terdapat di Jambi antara lain: Tugu Selamat Datang, Tugu Juang, Tugu Kota Baru, Tugu Sekapur Sirih. Masing-masing tugu mempunyai arti yang berbeda-beda tapi tugu-tugu tersebut tetaplah lebih mementingkan segi keindahan daripada segi fungsi. Sejauh ini tugu-tugu tersebut berguna sebagai pajangan/hiasan di tengah-tengah hiruk pikuk kota Jambi.
Dari pembahasan tentang batik dan tugu yang ada di Jambi kita mengetahui begitu banyaknya seni yang terdapat didaerah Jambi. Sudah sepatutnya sebagai warga Jambi yang baik kita mempelajari dan melestarikan seni-seni yang ada tersebut. Sehingga nanti dizaman yang akan datang seni yang terdapat di Jambi tidak hilang begitu saja dari zaman globalisasi.
 

Farras Salsabiila Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review