Selasa, 05 Juni 2012

Hal yang menyebabkan Naskah Ditolak

Siapa Orang Paling Misterius : Farras Salsabiila
Hello Gals! Sebelumnya, aku pengin ngasih tau kalo naskah aku ditolak (lagi) tapi kenapa aku ngasih tau naskah aku ditolak yang satu ini sementara naskah aku sudah sering ditolak?

Jadi, begini, naskah aku memang ditolak tapi biasanya kalau ditolak itu tulisannya begini "maaf, naskah kamu tidak bisa diterbitkan" tapi kalo yang ini beda "naskah kamu akan dipertimbangkan untuk diterbitkan jika kamu mengedit hal-hal ini: 1. ... 2..... 3.... 4...."

Aku kepengin ngedit hal-hal itu tapi aku bingung ngeditnya. Aku bingung ngeditnya karena kalo yang ini diedit yang ini harus diulang dari awal. Fuih ... Tapi aku tetep semangat biar naskah aku diterima!! :D

Oh ya, ini kok jadi beralih ke cerita ya hehehe. Oke, kita masuk ke tujuan artikel ini dibuat. Karena pengalamanku yang satu ini, aku jadi tau alasan-alasan naskah ditolak. Mau tau? simak uraian berikut ini:

1. Naskah kamu nggak nyambung
    Contohnya gini: Misalnya di naskah kamu ceritanya: Perusahaan ayah mau bangkrut tapi ayah tetap mentraktir jalan-jalan ke mall. Ini nggak nyambung banget padahal ayahnya mau bangkrut tapi tetap ngabisin duit.

2. Permasalahan Terlalu Banyak
    Misalnya: di naskah kamu tokohnya bernama Sinta. Sinta ini adalah anak orang miskin. Sudah miskin, dia dibenci. Tiba-tiba orangtuanya meninggal dan dia sakit kanker. Ini terlalu berbelit-belit atau bahasa yang mudahnya "Permasalahan Terlalu Banyak"

3. Alur Nggak Sesuai
    Misalnya nih kamu buat naskah tentang seorang anak yang ayahnya dipindahin ke luar kota jadi anak itu ikut ayahnya. Nah, tapi, anak itu lagi ujian sementara ayahnya udah mepet mau pindah. Itu namanya alur nggak sesuai. Alur nggak sesuai ini juga sering menjadi permasalahan naskah ditolak

4. Cerita Nggak Menarik
    Cerita nggak menarik atau udah pasaran, jangan harap diterima oleh penerbit! Cerita yang udah nggak menarik, langsung ditolak sama penerbit.

5. Penggabungan Kata-kata tidak sesuai
    Kalau tanda seru yang tidak tepat mungkin masih bisa diselesaikan oleh penerbit tapi kalau penggabungan kata2 yang tidak sesuai mungkin menjadi pertimbangan penerbit agar naskah kamu ditolak. Penggabungan kata-kata jangan kamu remehkan karena bisa-bisa karena penggabungan kata2 yang tidak sesuai itu membuat naskah kamu tidak diterima.


Nah, itu saja hal-hal yang menyebabkan naskah ditolak. Mungkin ada yang bisa menambahkan? Silahkan kamu tambahkan di kotak komentar.

0 Kripik dan Sambal:

Posting Komentar

 

Farras Salsabiila Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review