Senin, 19 November 2012

Cara Membuat Blog

Siapa Orang Paling Misterius : Farras Salsabiila

Jaman sekarang masih ada yang nggak tau apa itu blog? Wah, wah, kebangetan tuh. Jadi, blog itu sebenarnya dibuat sebagai tempat menulis yang hasil menulisnya bisa dilihat orang di seluruh dunia. Jadi, jangan jadiin blog sebagai diary. Kalau blog dijadiin diary, mati deh! Diary nya bisa dilihat orang di seluruh dunia T_T

Gue sendiri tau “apa itu blog” pas kelas 5 SD. Awalnya, teman-teman dunia maya gue lagi bicara-bicarain tentang blog dan berbagai gadgets di blog nya. Waktu itu, gue sama sekali nggak ngerti apa yang mereka omongin. Jadi, satu-satunya harapan gue adalah Mbah Google. 

Menurut gue, Mbah Google adalah orang paling berjasa karena berkatnya sekarang gue udah ngerti banget tentang blog.

Dari situ, gue coba-coba bikin blog. Dan blog pertama gue gagal total. Bukan karena gue lupa sama username, url ataupun passwordnya. Tapi, karena gue sama sekali nggak ngerti gimana gunainnya.

Gue bingung banget waktu itu. Kalau mau nulis gimana? Kalau mau nambahin biodata gimana? Kalau mau ganti url gimana? dll. Dan harus gue katakan, kalo hidup kamu lebih beruntung daripada gue. Karena kalau sekarang kamu mau buat blog, tinggal tanya sama teman di sekolah.

Kalau gue? Pas gue nanya sama temen di sekolah, temen gue malah balik nanya “apaan tuh blog? Baru pertama kali dengernya” 

Pas gue nanya sama mama, papa, kakak, adik sampai nenek moyang gue pun gue tanya, mereka malah jawab “ngapain ayuk buat blog? Tuh, kalau mau nulis tinggal cari buku sama pena aja” ya ampun, bukan jawaban ini yang gue harap ._.

Jadi, kok, malah gue yang curhat? Oke, sebenernya gue mau bahas tentang cara buat blog versi terbaru bukan curhat tentang derita saat gue pertama kali bikin blog.

Gini, gue sengaja bikin nih postingan biar kamu nggak menderita kayak gue. Cap cip cus aja deh, ya!

1.       Blog itu banyak banget jenisnya. Ada wordpress, blogger, multiply, dll (yang jelas nggak bisa gue sebutin satu-satu). Jadi, terserah kamu mau pakai jenis yang mana. Tapi yang paling populer sekarang itu adalah blogger. Kalau wordpress biasanya buat bapak-bapak yang seneng ngasih info tentang berita terbaru.

2.       Nah, kalau mau buat blogger tinggal masuk di blogger.com kalau wordpress tinggal masuk di wordpress.com

3.       Udah masuk ke website nya, cari tulisan “sign up” 

4.       Nah, kalau kamu daftar di blogger memang agak ribet. Kamu harus bikin google plus dulu. Tapi, kalau daftar di wordpress tinggal isi biodata terus pilih url, judul dan template nya, selesai deh!

5.       Kalau kamu daftar di wordpress, tinggal buat post aja. Tapi kalau di blogger kamu harus lanjut ke dashboard dulu terus pilih menu “New Blog” yang ada di sebelah kiri layar dashboard. Disitu, baru kamu pilih url, judul dan template

Ternyata, buat blog itu mudah banget ya? Buruan coba ya! Kalau nggak coba, rugi loh, hehehe :D

0 Kripik dan Sambal:

Posting Komentar

 

Farras Salsabiila Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review